Senin, 17 Januari 2011

PENGAMEN (THE TAMSUR)

dnews-bsi.blogspot.com -
6 strings ranger
Seperti kita tahu bahwa salah satu profesi yang paling favorit dijalankan oleh orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap adalah menjadi pengamen baik secara sendiri-sendiri maupun berkelompok. Mengamen tidak harus bernyanyi tetapi juga bisa hanya memainkan alat musik atau hanya bertugas menarik uang receh dari pendengar ngamenan.
Pengamen ada di mana-mana mulai di perempatan jalan raya, di dalam bis kota, di rumah makan, di ruko, di perumahan, di kampung, di pasar, dan lain sebagainya. Penampilan pengamen pun macam-macam juga mulai dari tampilan yang biasa saja sampai penampilan banci / bencong, anak punk, preman, pakaian muslim, pakaian pengemis, pakaian seksi nan minim, dsb.
Pengamen terkadang sangat mengganggu ketenangan kita akan tetapi mau bagaimana lagi. Jika mereka tidak mengamen mereka mau makan apa dan daripada mereka melakukan kejahatan lebih baik mengamen secara baik-baik walawpun mengganggu.
Mengamen adalah salah satu pekerjaan yg sangat di sanjung semua orang karena mengamen itu bersifat halal tidak sama sekali merugikan orang banyak.
Dari hasil liputan kami di sebuah taman kota yang tepatnya di Taman Suropati, terdapat pengamen yang sudah tidak asing lagi di kawasan taman tersebut karena beliau mempunyai ciri khas dan julukan di taman tersebut yaitu The Tamsur. The tamsur ini adalah seorang pengamen yang mengamennya bersolo karir dengan guitar kesayangannya. Beliau ini sangat tebar di taman suropati karena beliau mempunyai suara yang begitu sanagt merdu dan handal dalam memainkan guitarnya. Nama beliau aldi. Beliau berasal dari kota brebes dan dia hijrah ke Jakarta dari tahun 2002. Sebelumnya di kota asalnya beliau mempunyai sebuah band tetapi ketidakseriusan teman – teman bandnya yang membuat bandnya bubar begitu saja dan akhirnya beliau sangat tekad untuk hijrah ke ibu kota demi mencari rupiah yang halal.
Di taman suropati sangat amat banyak yang mengenal beliau karena talenta beliau yang sangat luar biasa. Requestan lagu sangat tumpah buat beliau untuk para pengunjung taman dan lagu yang sangat beliau banggakan adalah lagu ciptaan beliau sendiri yang berjudul Sang Presiden. Lagu tersebut sangat di dedikasikan untuk pemimpin negara bangsa ini. Isi lagu tersebut adalah mengkritik dan mengupas apa saja yang sudah di lakukan bapak presiden kita untuk bangsa ini.
Beliau tidak hanya handal dalam bermain guitar tetapi beliau juga sangat handal bermain harmonikanya. Lagu-lagi romantis selalu di lantunkan oleh beliau untuk para pasangan yang sedang bersantai di taman suropati. The Tamsur adalah sesosok pengamen yang sangat bersinar di kawasan taman suropati.

oleh: Putra Arie A dan Roza Febrika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar