Senin, 17 Januari 2011

KOMUNITAS BEATBOX

dnews-bsi.blogspot.com -
Para penggemar beatbox di Indonesia awalnya belum memiliki komunitas seperti yang ada sekarang ini. Awal berdirinya komunitas Beatbox ini sekitar tahun 2008, dengan nama komunitas “Jakarta Beatbox”, tetapi karena ingin menjangkau sampai seluruh Indonesia, nama komunitasnya berubah menjadi “Indo Beatbox” sampai dengan saat ini. Anggota dalam komunitas “Indo Beatbox” ini berjumlah sekitar ribuan orang diseluruh Indonesia, tetapi yang aktif hanya sekitar 30 orang di Jakarta.
Sebelum adanya komunitas “Indo Beatbox” seperti sekarang ini, para Beatboxer tidak dapat mengembangkan dan berbagi tentang pengetahuan mengenai beatbox. Awalnya, sekitar tahun 2008, juara Beatboxer dari Germany datang ke Indonesia mengadakan acara gathering Go To House untuk memberikan suatu pembelajaran dan motivasi kepada Beatboxer yang ada di Indonesia. Dan dari situlah terbentuk komunitas “Indo Beatbox” yang mengumpulkan para Beatboxer yang ada di Indonesia.

Para Beatboxer tidak hanya terdiri dari laki-laki saja, bahkan ada perempuan yang sangat menyukai beatbox dan ahli pada bidang beatbox. Alasan mereka sangat menyukai beatbox karena beatbox itu Unik. Jarang sekali di Indonesia, khususnya di Jakarta yang bisa beatbox. Jadi mereka mengembangkan kemampuan dan keahlian mereka lewat latihan dalam komunitas “Indo Beatbox”.

Para anggota beatboxer awalnya mengalami kesulitan pada saat mempelajari tehnik beatbox. Mereka diberikan tekhnik dasar beatbox oleh Indra Azis (beatboxer Indonesia dan pemain musik Jazz) dan Tito (Fade2Black). Pada dasarnya, beat dasar beatbox hanya terdiri dari 3 jenis dasar beat, yaitu B (kickbass) , T (hithat), K (snare).
Setelah kita menguasai ketiga dasar beatbox tersebut, tinggal kita mengembangkannya menjadi suatu nada yang harmonis. Lalu, mereka terus berusaha dan terus berlatih sampai akhirnya mereka dapat menguasai semua tehnik beatbox. “Kami mempelajari beatbox ini karena beatbox ini sangat unik dan lewat beatbox ini, kami dapat menghibur orang lain lewat suara dan gerakan kami”, ungkap Ricardo selaku ketua komunitas “Indo Beatbox”

oleh : Raja Palty Nathanael

Tidak ada komentar:

Posting Komentar