Senin, 17 Januari 2011

KOMUNITAS ALAT MUSIK GESEK

 dnews-bsi.blogspot.com - Alat musik gesek muncul pertama kali pada abad ke-10. Alat musik ini terdiri dari senar (string) dan Pengesek (bow). Prinsip alat musik ini adalah ketika pengesek ini bergerak menyilang di atas senar dan bergetar yang akan menghasilkan suara.
Kombinasi yang terdiri dari empat instrument gesek dapat disebut dengan "Kuartet Gesek". Dalam praktiknya istilah “Kuartet Gesek“ merujuk pada sebuah kelompok yang terdiri atas dua biola (biola "pertama", yang biasanya memainkan melodi dalam nada yang lebih tinggi, dan biola "kedua", yang memainkan nada-nada yang lebih rendah dalam harmoni), dan terdiri dari satu viola dan satu cello.
Komunitas alat musik gesek “Indonesian Folk Song” memiliki program latihan rutin tiga kali dalam seminggu, yaitu hari Rabu, Jum’at, dan Minggu, bahkan terkadang lebih dari 3 kali dalam seminggu. Hari Rabu dan Jum’at, latihan tersebut diadakan sore hari, pada pukul 15.00 – selesai di Taman Menteng, Jakarta – Pusat dan pada hari Minggu, latihan tersebut diadakan pagi hari, pada pukul 10.00 – 14.00 di Taman Suropati, Jakarta – Pusat. Latihan yang diadakan setiap hari Minggu, diikuti dari semua umur, mulai dari umur 5 tahun sampai dewasa. Materi permainan yang dapat dimainkan oleh komunitas ini sangat beragam, yaitu dari musik popular, musik klasik, musik daerah bahkan musik rohani.
oleh :  Raja Palty Nathanael

Tidak ada komentar:

Posting Komentar